Home / Our Blog / Mengenal Berbagai Jenis-jenis Lantai Vinyl di Pasaran
Mengenal Berbagai Jenis-jenis Lantai Vinyl di Pasaran

Mengenal Berbagai Jenis-jenis Lantai Vinyl di Pasaran

Jakarta, Zy-Pha.Com – Saat sedang merenovasi atau membangun rumah sangat penting untuk memilih material terbaik, karena hunian Anda merupakan investasi jangka panjang yang nantinya akan ditinggali hingga anak cucu kita. Material yang dimaksud termasuk pelapis lantai yang cukup beragam jenisnya di pasaran, salah satunya  yaitu lantai vinyl.

Lantai vinyl dapat menjadi pilihan bila Anda menginginkan pelapis lantai yang tahan kuat serta memberikan tampilan terbaik dan mirip dengan aslinya, seperti keramik, batuan alam, kayu, granit, marmer, dan lain-lain. Motif lantai vinyl umumnya yang tersedia dipasaran yaitu motif kayu.

Mengenal Lantai Vinyl

Pelapis lantai ini terbuat dari bahan sintetis yang disebut PVC atau Polyvinyl Chloride yang mempunyai tekstur halus juga karakter yang lentur. Dengan begitu lantai sintetis ini akan lebih gampang dipasang. Keunggulan vinyl  yang membuat banyak orang tertarik adalah harganya yang sangat terjangkau, awet hingga belasan tahun, tersedia dalam banyak motif dan warna, serta nyaman dipijak. 

Sebagai referensi bagi Anda yang berniat menggunakan produk vinyl, inilah ragam pelapis lantai vinyl di pasaran. Berikut ulasannya..

01. Lantai Vinyl Plank

Inilah jenis lantai vinyl yang dapat Anda pilih bila ingin memberikan kesan alami  untuk rumah Anda. Vinyl plank adalah alternatif terbaik untuk memberikan tampilan lantai kayu sebagaimana lantai parket atau parquet kayu solid alias asli, namun Anda ingin menghemat budget renovasi rumah.

Vinyl plank tersedia dalam bentuk persegi panjang berukuran lebar 15 cm – 20 cm serta panjang 90 cm – 100 cm. Dengan begitu mudah sekali membedakan produk vinyl yang satu ini dengan lainnya.

Di kalangan masyarakat vinyl plank sering juga disebut dengan sebutan vinyl motif kayu atau vinyl parket, karena tak hanya bentuknya yang mirip papan kayu tapi juga metode instalasinya. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih realistis Anda juga bisa memilih produk vinyl plank embossed dengan bagian permukaan bertekstur sehingga teksturnya pun mirip kayu yang asli.

Read More :   Unik dan Elegan, Ini Inspirasi Lantai Vinyl untuk Rumah Anda

02. Lantai Vinyl Tile

Berikutnya ada produk vinyl tile yang bentuknya menyerupai keramik atau kotak-kotak. Ini adalah solusi bagi Anda yang ingin mempunyai lantai dengan tampilan keramik tapi kurang suka dengan karakternya yang mudah pecah serta rawan tergores. Vinyl tile tersedia dalam berbagai ukuran sebagaimana keramik, termasuk permukaannya yang terdiri dari berbagai varian corak dan warna.

Keunggulan vinyl tile dibandingkan keramik asli adalah tidak terpengaruh suhu yang rendah sehingga lantai tak menjadi dingin. Dengan begitu Anda tak perlu menambahkan karpet atau  permadani untuk mengatasi suhu dingin pada lantai terutama di kawasan-kawasan dataran tinggi.

03. Lantai Vinyl Roll

Produk vinyl roll sering disebut juga karpet vinyl. Vinyl roll dibuat dari PVC  dan berbeda dengan karpet biasa yang dibuat dari cotton atau nylon. Meskipun dibuat dari material yang berbeda, penampakan kedua produk ini serupa. Di pasaran lantai vinyl ini tersedia dengan ukuran lebar 2 meter serta panjang 25 meter. Anda bisa memilih corak dan warna sesuai keinginan atau konsep interior ruangan.

Cara memasangnya juga cukup mudah dan tak memerlukan keahlian khusus. Tutorial tentang ini dapat Anda temukan dengan mudah di internet.

Memilih Produk Lantai Vinyl

Selain mengetahui ragam produk vinyl, tak ada salahnya juga memperluas wawasan Anda tentang cara memilihnya. Inilah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat memilih pelapis lantai vinyl.

a) Ketahanan

Produk  vinyl sangat awet dan dengan penggunaan yang wajar dapat bertahan hingga 15 sampai 20 tahun pemakaian.

c) Anti slip

Hampir semua produk vinyl flooring telah dilengkapi fitur anti-slip, sehingga lebih aman bahkan untuk anak-anak. Meskipun demikian saat memilih suatu produk pastikan bahwa fitur tersebut benar-benar tersedia.

Read More :   Lantai Vinyl Mampu Menghadirkan Tampilan Nuansa Alami, Elegan dan Tidak Membosankan

c) Ketebalan

Tekstur lantai vinyl sangat lembut dan tak mengantarkan suhu dingin sehingga lebih nyaman di telapak kaki. Produk vinyl yang ideal untuk interior Anda paling tidak harus mempunyai ketebalan mulai 1 mm hingga 4.5 mm. Bila dasar lantai yang hendak diaplikasikan vinyl sudah rata, Anda tak perlu lagi mengaplikasikan bahan dasar dan dapat langsung memasang vinyl tersebut.

Cara Memasang Lantai Vinyl

Perlu diketahui bahwa untuk memasang vinyl kadang-kadang perlu dilakukan proses perataan lantai atau screed terlebih dulu pada kondisi dasar lantai yang kering, keras, serta tidak lembab.

Manfaatnya adalah untuk menghilangkan permukaan yang bergelombang agar hasil pemasangan vinyl lebih bagus menyerupai lantai biasa. Anda cukup menggunakan perekat khusus untuk membuat vinyl menempel sempurna.

Untuk merawat vinyl cukup mudah, dan hampir sama dengan ubin keramik biasa. Anda hanya perlu menyapunya secara teratur untuk menghilangkan debu dan sesekali mengepelnya bila terlalu kotor.

Bila terkena bercak seperti tinta atau noda-noda yang sulit dihilangkan lainnya, proses pembersihan harus dilakukan secepat mungkin agar bisa bersih sempurna. Selama beberapa bulan sekali bila perlu Anda bisa memoleskan cairan khusus untuk membuat permukaan vinyl kembali terlihat baru. Semoga bermanfaat!

Check Also

Melihat Perbedaan Lantai Parket Dengan Vinyl Flooring

Jakarta, Zy-Pha.Com – Saat tengah membangun atau merenovasi rumah memang sangat penting untuk membuat perencanaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *