Home / Our Blog / Cara Sederhana Pasang Lantai Vinyl Plank Dirumah
Cara Sederhana Memasang Lantai Vinyl

Cara Sederhana Pasang Lantai Vinyl Plank Dirumah

Jakarta, Zy-Pha.Com – Mempunyai hunian dengan konsep minimalis bukan berarti menghalangi Anda untuk bisa mengekspresikan kepribadian pada rumah kesayangan tersebut. Untuk membuat rumah Anda  tetap terlihat  menarik dan elegan, Anda sebenarnya dapat memanfaatkan material-material lantai yang berkarakter kuat, misalnya menggunakan vinyl flooring.

Alasannya, karena pelapis lantai vinyl atau vinyl flooring mempunyai beragam motif yang elegan dan dapat dengan mudah dikombinasikan dengan konsep hunian yang mengandung unsur geometris. Keunggulan menggunakan vinyl flooring adalah  gampang diperoleh serta mudah dipasang, sehingga tak membutuhkan waktu renovasi rumah yang terlalu lama.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna dalam pemasangan vinyl, sebaiknya memang menggunakan jasa professional, tetapi bila Anda juga bisa memasanganya sendiri. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya…

Tips Memasang Lantai Vinyl Plank

Vinyl flooring sebenarnya terdiri dari 3 jenis produk, yaitu vinyl roll, vinyl tile, dan vinyl plank, tapi pada ulasan kali ini akan dibahas tentang cara pemasangan vinyl plank. Berikut ulasannya..

01. Pesan Vinyl Sesuai Ukuran

Sangat penting untuk mengukur ruangan yang akan diberi pelapis vinyl secermat mungkin. Dengan begitu Anda bisa membeli vinyl plank dengan jumlah yang tepat tanpa ada kekurangan atau pun kelebihan terutama bila Anda sedang menghemat budget untuk renovasi rumah.

02. Memindahkan Furniture dari Ruangan

Agar proses pemasangan vinyl lebih mudah tentu saja ruangan harus dikosongkan dulu dari furniture atau pun benda-benda lain yang ada di dalam ruangan tersebut.

03. Membersihkan Lantai

Agar hasil pemasangan vinyl merata dan sempurna, pastikan dasar lantai dalam kondisi kering, bebas lubang, dan tidak bergelombang. Agar pemasangan vinyl merata sebaiknya menggunakan acuan titik pusat atau tengah yang diukur dari empat sisi dinding.

Read More :   Unik dan Elegan, Ini Inspirasi Lantai Vinyl untuk Rumah Anda

Anda bisa menghubungkan titik dari ujung dinding kearah tengah ruangan sehingga memperoleh pola berupa dua garis yang menyilang. Itulah titik pusatnya.

04. Perekat/Lem

Tentu saja untuk mengaplikasikan vinyl plank pada lantai Anda harus menggunakan perekat khusus yang dapat diperoleh di toko-toko bangunan terdekat. Jenis lem yang umum digunakan adalah solvent base adhesive atau sering disebut lem kuning.

Agar hasilnya bagus oleskan lem tidak  hanya pada bagian bawah vinyl plank tapi juga pada bagian lantai. Setelah itu Anda tinggal menempelkan vinyl plank dengan rapi di lantai.

05. Memasang Lantai Vinyl

Agar terlihat rapi pastikan Anda menyesuaikan pengaplikasikan vinyl plank sesuai pola yang telah dibuat sebelumnya. Seluruh pelapis vinyl seharusnya dipasang dengan arah  yang sama, mulai dari bagian pusat ruangan atau titik tengah yang tadi telah ditentukan.

Saat lem sudah diaplikasikan Anda harus segera menempelkan vinyl. Pastikan melakukannya dengan rapi agar tak perlu dipindahkan atau digeser lagi agar vinyl tidak rusak.

06. Memotong Vinyl Plank

Agar hasil pemasangan lantai vinyl bagus tentu vinyl floor harus diaplikasikan ke seluruh bidang ruangan. Hal ini kadang memerlukan pemotongan vinyl pada bagian-bagian sudut ruangan. Alat yang dapat digunakan adalah  pisau cutter yang tajam dan penggaris logam.

Lantai vinyl roll lebih cocok diaplikasikan pada ruangan yang luas atau koridor, sementara lantai untuk ruangan sempit lebih ideal menggunakan vinyl tile atau plank.

Pertama Anda harus meletakkan vinyl plank yang belum dipasang pada bagian atas vinyl yang sudah direkatkan dengan baik di lantai. Setelah itu rapatkan pada dinding dengan menandai bagian yang overlap. Berikutnya Anda tinggal memotong sesuai garis yang overlap tersebut menggunakan cutter yang tajam serta penggaris  logam.

Read More :   Jual Lantai Vinyl Rumah Sakit Berkualitas, Harga Terjangkau

Alasan Memilih Lantai Vinyl Plank

Produk vinyl plank banyak dipilih mereka yang menginginkan tampilan rumahnya  alami namun tak memiliki budget yang mencukupi untuk menyediakan lantai kayu solid atau parket kayu solid. Bayangkan saja, untuk biaya pengadaan serta instalasinya paling sedikit Anda harus mengeluarkan dana hingga 600 ribu per meter persegi.

Bahan sintetis ini adalah alternatif terbaik karena Anda tetap dapat mempunyai tampilan lantai kayu yang membuat rumah Anda semakin berkelas. Vinyl plank tersedia dalam berbagai pola kayu yang menarik, mulai dari oak, seperti grey oak dan rich golden, motif kayu keras, dan lain-lain. Anda tinggal memilih yang sesuai selera atau konsep hunian Anda.

Vinyl plank juga tidak mempunyai kelemahan-kelemahan sebagaimana lantai kayu parket solid, seperti masalah rayap atau terdampak oleh suhu. Karena terbuat dari material PVC vinyl plank tentu saja tidak akan terkena serangan rayap atau serangga pemangsa kayu lainnya.

Selain itu vinyl plank juga tidak akan menciut atau memuai karena paparan suhu yang dingin atau panas. Inilah sebabnya setelah beberapa tahun tampilan lantai akan tetap sama dan tanpa membentuk celah-celah sebagaimana lantai kayu biasa.

Lantai vinyl secara umum lebih nyaman dipijak atau saat melakukan aktivitas di atasnya karena teksturnya lebih lembut. Untuk produk-produk vinyl lainnya bahkan telah dilengkapi dengan fitur anti bakteri, anti slip, serta dapat meredam suara yang bising.

Check Also

Melihat Perbedaan Lantai Parket Dengan Vinyl Flooring

Jakarta, Zy-Pha.Com – Saat tengah membangun atau merenovasi rumah memang sangat penting untuk membuat perencanaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *